Cara Menghindari SMM Panel Anda diretas #Tips

Upaya peretasan panel SMM cukup sering terjadi, terutama jika menyangkut panel populer yang digunakan banyak orang. Ini adalah jenis phishing lainnya — cara peretas menipu orang secara online dengan mencuri informasi pribadi mereka. Beberapa dari upaya itu gagal, beberapa akhirnya berhasil. Ini terutama tergantung dari mana reseller layanan SMM mendapatkan panel mereka, tetapi ada juga hal-hal lain yang harus diperhatikan — kita akan membahasnya lebih lanjut.


Di platform kami, kami melakukan semua yang kami bisa untuk mencegah panel SMM klien kami diretas. Kami menawarkan perlindungan DDoS yang kuat serta sertifikat SSL gratis untuk setiap panel, terus berupaya meningkatkan sistem kami serta menghilangkan segala jenis bug dan sebagainya. Namun, bahkan SMM panel klien kami masih bisa diretas, dan sebagian besar tergantung pada seberapa hati-hati mereka saat menjalankan panel mereka.


Di bawah ini kami mencantumkan 10 tips teratas untuk membantu Anda menghindari peretasan SMM panel Anda.


1. Pastikan untuk membuat kata sandi yang kuat

Hal pertama yang harus dilakukan adalah memastikan kata sandi Anda cukup kuat. Ini penting saat membuat akun di hampir semua situs web, tetapi ini sangat penting dalam kasus ketika informasi pribadi Anda diperlukan serta platform tempat Anda menyimpan uang. SMM panel termasuk dalam kategori tersebut, oleh karena itu admin harus benar-benar berhati-hati saat memilih kata sandi.


Sebagai aturan, kata sandi yang kuat panjang, berisi campuran karakter huruf besar dan kecil, angka, dan simbol. Anda juga harus menghindari penggunaan leetspeak * substitusi umum (* leetspeak adalah bahasa informal atau kode yang digunakan orang online, di mana huruf biasa diganti dengan angka atau karakter khusus), huruf dan angka berurutan serta jalur keyboard yang mudah diingat, seperti qwerty .


2. Jangan gunakan kata sandi yang sama di situs web yang berbeda

Hal lain yang sangat penting terkait kata sandi adalah tidak menggunakan kata sandi yang sama untuk semua akun Anda secara online. Beberapa situs web tidak cukup aman dan dapat disusupi dengan cukup mudah. Jika itu terjadi, peretas dapat memperoleh akses ke penyimpanan kata sandi situs web yang disusupi, dan kata sandi Anda akan diungkapkan kepada mereka. Ini pada dasarnya seperti memiliki satu kunci untuk membuka kunci semua pintu yang Anda gunakan, inilah mengapa semua kata sandi Anda harus unik.


3. Periksa keamanan situs web dan variasikan pop-up

Dalam hal memberikan informasi keuangan yang sensitif, wajar untuk berhati-hati. Seharusnya tidak ada masalah jika situs web cukup aman. SMM panel memang seperti itu: selalu penting untuk memastikan keamanannya sebelum membuat akun, apalagi mentransfer uang Anda ke sana.


BAGAIMANA CARA MENGETAHUI SEBUAH WEBSITE AMAN ATAU TIDAK?

Sebelum mengirimkan informasi apa pun, pastikan situs web yang dimaksud memiliki sertifikat SSL: URL-nya diawali dengan "https://" dan terdapat ikon kunci tertutup di dekat bilah alamat. Untuk mempelajari mengapa memiliki sertifikat SSL sangat penting, lihat postingan blog kami Apa Itu Sertifikat SSL dan Mengapa SMM Panel Membutuhkannya? Semua panel SMM di platform kami memiliki sertifikat SSL, oleh karena itu Anda dapat yakin bahwa panel tersebut aman digunakan untuk Anda sebagai admin dan pelanggan Anda.


Selain itu, jika Anda mendapatkan pesan yang menyatakan bahwa situs web tertentu mungkin berisi file berbahaya, jangan dibuka. Penting juga untuk tidak pernah mengunduh file apa pun dari email atau situs web yang mencurigakan.


Perhatikan juga mesin telusur karena mungkin menampilkan tautan tertentu yang mengarahkan pengguna ke situs web phishing yang sering kali menawarkan produk atau layanan dengan harga murah. Jika seseorang melakukan pembelian di situs web seperti itu, peretas akan mendapatkan akses ke detail kartu kredit mereka.


JENDELA POP-UP JUGA BISA BERBAHAYA

Jendela pop-up seringkali dapat disamarkan sebagai komponen situs web yang sah. Sering kali mereka berakhir dengan upaya phishing. Banyak browser populer memiliki opsi untuk memblokir pop-up dan mengizinkannya berdasarkan kasus per kasus. Jika Anda masih melihat salah satu pop-up yang tidak diinginkan di sana-sini, jangan klik tombol "Batal" karena sering mengarah ke situs web phishing. Sebagai gantinya, klik “x” kecil di pojok atas jendela.


4. Selalu hindari mengikuti tautan mencurigakan dalam bentuk apa pun

Phishing adalah cara peretas menipu orang secara online dengan mencuri informasi pribadi mereka. Seringkali itu terjadi ketika seseorang mengikuti tautan jahat.


Admin SMM panel sering menjadi korban phishing, oleh karena itu sangat penting untuk menghindari berbagai tautan mencurigakan yang mungkin Anda dapatkan melalui tiket, email, atau situs web yang tidak dapat Anda percayai. Apa yang tampak seperti tautan yang sah bisa jadi merupakan tautan terselubung ke situs web jahat yang digunakan peretas untuk menipu orang.


Jika Anda tidak mengetahui pengirim tautan, itu selalu merupakan tanda bahaya. Namun, meskipun tautan seperti itu berasal dari seseorang yang Anda kenal, itu tetap tidak menjamin keamanannya. Terutama ketika pesan hanya berisi tautan itu atau sesuatu yang tidak masuk akal atau sangat tidak sesuai karakter/aneh. Akun orang yang Anda kenal mungkin diretas, dan kontak mereka sekarang menjadi sasaran serangan phishing.


BAGAIMANA CARA MENEMUKAN TAUTAN YANG MENCURIGAKAN?

Terkadang peretas membuat seolah-olah tautan akan membawa Anda ke sumber yang sah. Namun ada cara mudah untuk menentukan apakah suatu tautan mencurigakan atau tidak — cukup arahkan mouse Anda ke atasnya. Sebuah kotak kecil akan muncul untuk menunjukkan ke mana tautan itu akan mengarah.


5. Berhati-hatilah dalam memberikan informasi pribadi Anda

Tidak perlu dikatakan lagi, tetapi jika Anda mendapatkan email/pesan di mana seseorang meminta informasi pribadi Anda, itu juga selalu merupakan tanda bahaya. Jika ragu, sebaiknya periksa ulang dengan menelepon perusahaan yang seharusnya mengirimi Anda pesan atau menghubungi orang yang Anda kenal jika Anda mendapatkan sesuatu yang aneh dari akun mereka.


6. Jangan membagikan kunci API akun provider Anda

Mengintegrasikan penyedia dengan SMM panel di platform kami sangatlah mudah — yang perlu Anda lakukan hanyalah memasukkan kunci API dari akun provider Anda di Pengaturan > Provider.


Namun, Anda harus ekstra hati-hati dengan kunci API tersebut dan pastikan untuk merahasiakannya. Jika ada yang mendapatkan akses ke sana, mereka juga bisa mendapatkan akses ke saldo provider Anda dan membelanjakan semua uang Anda di sana.


7. Periksa akun online Anda secara teratur

Penting untuk memeriksa akun daring Anda secara teratur meskipun tidak ada kebutuhan khusus untuk melakukannya. Anda juga harus membiasakan diri mengubah kata sandi secara teratur.


Untuk menghindari penipuan phishing bank dan kartu kredit, pastikan untuk memeriksa laporan mutasi Anda secara pribadi juga untuk mengonfirmasi bahwa tidak ada transaksi penipuan yang dilakukan tanpa sepengetahuan Anda.


8. Perbarui browser Anda dan gunakan firewall

Memperbarui browser Anda secara teratur sangat penting karena tambalan keamanan dirilis untuk mereka setiap saat. Tambalan semacam itu membantu menghilangkan celah keamanan yang ditemukan dan dieksploitasi oleh peretas.


Firewall seperti buffer antara Anda, komputer Anda, dan penyusup luar. Disarankan untuk menggunakan dua jenis: desktop dan jaringan. Firewall desktop adalah jenis perangkat lunak, sedangkan firewall jaringan adalah jenis perangkat keras. Menggunakan keduanya bersama-sama membantu secara signifikan mengurangi kemungkinan peretas mendapatkan akses ke informasi pribadi Anda.


9. Instal software antivirus yang bagus & terus perbarui

Pastikan Anda juga menginstal perangkat lunak antivirus yang bagus dan selalu diperbarui. Itu dapat mencegah akses ke file berbahaya dengan memblokir serangan serta memindai setiap file yang datang melalui Internet ke komputer Anda untuk menghindari kerusakan pada sistem Anda.


10. Tetap terinformasi tentang teknik phishing baru

Kenyataannya adalah penipuan phishing baru terus dikembangkan. Sangat mudah untuk menjadi korban dari satu (atau lebih) dari mereka jika Anda tidak mengikuti berita tentang hal itu. Semakin awal Anda mengetahui tentang teknik phishing baru yang digunakan peretas, semakin kecil kemungkinan Anda akan terpengaruh olehnya.