Apa Itu Sertifikat SSL dan Mengapa SMM Panel Membutuhkannya? #Knowledge

Apa Itu Sertifikat SSL dan Mengapa SMM Panel Membutuhkannya? #Knowledge

Pernahkah Anda memperhatikan bagaimana beberapa URL situs web dimulai dengan "http://"? Dan bagaimana yang lainnya dimulai dengan "https://"?


"S" ekstra biasanya dapat diperhatikan saat Anda menelusuri situs web yang bekerja dengan informasi sensitif seperti detail kartu kredit dan data pribadi lainnya.


Jadi apa sebenarnya arti "s" ekstra itu dan mengapa itu muncul?


Secara umum, tambahan "s" menunjukkan bahwa koneksi dienkripsi dan aman serta situs web tersebut dapat dipercaya. Data yang Anda bagikan dengan situs web seperti itu terlindungi dengan baik. Teknologi ini disebut SSL (Secure Sockets Layer).


Sekarang mari masuk ke detail lebih lanjut tentang mengapa SSL sangat penting, dan mengapa SMM panel Anda juga harus memiliki sertifikat SSL.


Apa itu sertifikat SSL?

Sertifikat SSL adalah file data kecil yang menyediakan autentikasi untuk situs web dan membantu membangun koneksi terenkripsi. Ketika sertifikat SSL dipasang di server, itu mengaktifkan gembok dan protokol HTTPS serta memastikan koneksi aman dari server ke browser.

Sertifikat SSL berisi informasi berikut:

— nama domain yang menjadi tujuan penerbitannya;

— orang, perusahaan, atau perangkat mana yang dimaksudkan untuk itu;

— nama dan tanda tangan digital dari otoritas sertifikat yang menerbitkannya;

— tanggal penerbitan dan kedaluwarsa;

— subdomain terkait;

— kunci publik (kunci privat tetap dirahasiakan).

Kunci publik dan kunci pribadi digunakan untuk mengenkripsi dan mendekripsi data. Jika data dienkripsi dengan kunci publik, maka hanya dapat didekripsi dengan kunci privat, begitu pula sebaliknya.


Mengapa sertifikat SSL begitu penting?

Jika SMM panel atau situs web lain tidak aman, peretas dapat dengan mudah mengakses informasi yang Anda masukkan di sana. Sangat sering peretas menginstal program penyadap yang sulit atau terkadang bahkan tidak mungkin dideteksi di server yang menghosting situs web. Saat pengunjung situs web memasukkan informasi pribadi mereka, program tersebut menangkap semuanya dan mengirim semua data itu kembali ke peretas.


Namun, jika situs web dienkripsi dengan SSL, browser Anda akan memeriksa sertifikat dan kemudian mengikatkan dirinya ke server yang menghosting situs web tersebut dan menyediakan koneksi yang aman. Ini adalah bagaimana Anda dapat memastikan bahwa tidak seorang pun selain Anda dan situs web dapat melihat informasi yang Anda masukkan di sana.


Sertifikat SSL membantu mengamankan data pribadi seperti:

— kredensial masuk;

— informasi rekening bank dan transaksi kartu kredit;

— informasi identitas pribadi (nama lengkap, alamat, tanggal lahir, nomor telepon);

— informasi hak milik;

— kontrak dan dokumen hukum;

— rekam medis.


Sertifikat SSL memiliki 4 tujuan utama:

1. Enkripsi situs web . Mungkin karena pasangan kunci publik-swasta yang kami sebutkan di atas.


2. Otentikasi . Sertifikat SSL membantu browser Anda memverifikasi bahwa server yang terhubung dengannya benar-benar memiliki domain, yang mencegah spoofing domain (membuat versi situs web palsu) dan serangan lainnya.


3. HTTPS . Situs web harus memiliki sertifikat SSL untuk alamat HTTPS, yang sangat penting untuk bisnis. HTTPS adalah versi aman dari HTTP yang menunjukkan bahwa lalu lintas situs web dienkripsi oleh SSL. Pengguna juga cenderung lebih mempercayai situs web semacam itu. Meskipun beberapa dari mereka mungkin tidak memperhatikan perbedaan antara alamat "http://" dan "https://", sebagian besar browser mulai menandai situs web HTTP sebagai "tidak aman" dengan cara yang sangat mencolok. Ini dilakukan untuk memotivasi semakin banyak pemilik situs web untuk beralih ke HTTPS demi keamanan yang lebih baik.


4. Manfaat SEO . SSL adalah bagian dari algoritme peringkat pencarian Google, oleh karena itu SSL juga bagus untuk SEO. Apalagi jika ada dua website yang memiliki beberapa konten dan hanya salah satunya yang memiliki SSL, maka yang terenkripsi akan memiliki peluang lebih baik terkait SEO. Ini sangat penting untuk panel SMM karena admin selalu mencari cara untuk tetap terdepan dalam persaingan.


Bagaimana mungkin mendapatkan sertifikat SSL untuk panel SMM?

Sekarang setelah kami menetapkan bahwa semua situs web tempat pengguna memasukkan informasi pribadi mereka harus memiliki "https://" saja, jelas bahwa panel SMM tidak terkecuali aturan itu.


Sebagai pemilik SMM panel yang harus mengumpulkan data pelanggan, Anda perlu memastikan bahwa Anda memiliki sertifikat SSL untuk membuktikan bahwa panel Anda dapat dipercaya. Tidak hanya dapat menarik lebih banyak pelanggan karena orang umumnya mencari SMM panel aman yang dapat mereka temukan, tetapi juga membantu memastikan bahwa peretas tidak mendapatkan akses ke data pribadi pelanggan Anda.


Salah satu hal terbaik tentang memiliki SMM panel di platform kami adalah Anda sama sekali tidak perlu khawatir untuk membeli sertifikat SSL secara terpisah, kami sudah menawarkannya untuk semua klien kami. Dan, yang lebih penting, kami menawarkannya sepenuhnya gratis — tanpa biaya tambahan atau semacamnya karena sudah termasuk dalam semua rencana pemeliharaan panel kami. Inilah sebabnya mengapa Anda dapat yakin bahwa semua SMM panel yang Anda beli di platform kami sangat aman dan aman untuk dikunjungi oleh pelanggan Anda.